Contoh Essay LPDP Sukses Terbesar dalam Hidupku

5:35 PM



Assalamualaikum..

Dua tahun yang lalu saya mempunyai cita-cita melanjutkan kuliah S2 melalui jalur beasiswa LPDP, sewaktu masih kuliah banyak sekali kegiatan-kegiatan yang menyangkut tentang LPDP saya ikuti mulai dari meet and great bareng Awardee, nyari teman yang sejalan, browsing-browsing sampai ikut gabung di grup WA calon Awardee LPDP, pokoknya saya tidak pernah ketinggalan informasi tentang LPDP.

Banyak sekali persyaratan yang harus dilengkapi bagi siapa saja yang ingin mendaftar beasiswa melalui LPDP, mulai dari membuat akun di website LPDP, harus mempunyai sertifikat TOEFL atau IELST, LOA dari kampus, dan lain sebagainya masih banyak lagi. Nah, salah satu syarat bagi pelamar LPDP waktu itu yaitu harus membuat tiga buah essay, diantaranya, sukses terbesar dalam hidupku, rencana study, dan kontribusi apa yang telah dan sedang kamu lakukan untuk Indonesia. Kurang lebih seperti itu.

Cita-cita saya tersebut sampai sekarang belum terlaksana juga, dan mengalami kebuntuan sementara. Tetapi saya yakin suatu saat akan saya dapatkan itu.. amiinnn...

Tulisan dibawah ini adalah salah satu essay yang pernah saya buat untuk persiapan LPDP ketika itu. Saya berfikir dari pada tulisan ini hanya menjadi sebuah dokumen biasa saja, alangkah lebih baiknya saya share di blog saya ini. Dan semoga bermanfaat buat kalian yang lagi nyari referensi essay untuk persiapan LPDP, atau apapun itu. Point utamanya disini saya bukan menyuruh kalian untuk menjiplak apa yang telah saya buat, tetapi saya berharap kalian mempunyai gambaran contoh essay “sukses terbesar dalam hidupku” dan tetap disesuaikan dengan diri kalian masing-masing.

Judul essai saya yaitu:

“Bermanfaat dan Menjaga Hubungan Baik
adalah Kesuksesan Terbesar dalam Hidupku”

Setiap orang mempunyai cara dan indikator kesuksesan masing-masing dan tentunya setiap orang berbeda-beda mendapatkan kesuksesannya. Maka dari itu, sukses menjadi sebuah impian setiap orang termasuk diri saya. Hanya saja setiap orang harus menjalani serta menikmati proses untuk mencapai kesuksesannya masing-masing. Maka dari itu, sebuah proses sangat menentukan bagaimana sukses terbesar yang diharapkan oleh setiap orang termasuk diri saya sendiri. Bagi saya sukses terbesar dalam hidup ini adalah bagaimana saya dapat bermanfaat dan menjaga hubungan baik untuk diri saya, keluarga, orang lain serta lingkungan. Maka, kalau saya jabarkan ada tiga point kesuksesan terbesar dalam hidup saya.


Pertama, bermanfaat untuk diri sendiri. Maksudnya adalah kita bisa bermanfaat untuk diri kita, bisa membawa raga kita menjadi sesosok pribadi yang baik, ramah lingkungan, serta memiliki kualitas diri yang baik. Terkadang kita sering luput dan lupa akan sejatinya diri manusia harus mampu membawa dirinya kepada hal-hal yang baik, serta demi berlangsungnya hidup maka kita harus bisa merawat diri tanpa kita bisa merawat diri kita tidak akan mampu berbuat apa-apa. Jika diri ini lemah, akhlak dan hati goyah maka sama saja kita menghancurkan diri kita dan hal itu tentunya sangat dilarang oleh Alloh SWT.

Kedua, bermanfaat bagi keluarga. Kita yang sejatinya terlahir dari sebuah rahim keluarga, tentunya jangan sampai kita luput dan lupa kepada keluarga apabila kelak kita meraih kesuksesan. Saya tidak merasa sukses apabila saya berhasil berada dipuncak sebuah keberhasilan tetapi saya luput kepada keluarga. keluarga menjadi tameng serta peluncur utama yang menghantarkan kita dalam menjalani kehidupan. Maka dari itu, saya bertekad untuk bisa menjadi garda utama dalam kesejahteraan dan pelindungan keluarga. Dalam keluarga ada Ibu dan Ayah yang sepatutnya menjadi panutan kita yang harus kita bela ketika tertekan. Kita ikuti nasihatnya dan harus kita benarkan ketika salah.

Ketiga, bermanfaat untuk orang lain serta lingkungan. Orang lain adalah bagian dari lingkungan yang harus kita rawat harus kita jaga, “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”. Bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan adalah salah satu bagian dari trilogi hubungan manusia “Hambluminalloh, hablumminannas, dan hablumminal ard” (Hubungan dengan Alloh, Hubungan dengan manusia, dan Hubungan dengan Lingkungan). Hubungan dengan manusia adalah kesuksesan terbesar dalam hidup saya, hubungan baik dengan sesama manusia akan menciptakan sebuah karya cipta yang mempunyai kesempurnaan yang lebih baik dari pada hanya dengan diri sendiri. Begitu juga bermanfaat untuk lingkungan menunjukan kecintaan dan kepedulian kita akan pentingnya menjaga lingkungan. Dalam hal ini ketika kita mempunyai hubungan baik dengan lingkungan maka lingkungan akan memberikan timbal balik yang baik pula kepada kita. Maka dari itu kesuksesan terbesar dalam hidup adalah ketika saya bisa membuat lingkungan menjadi lebih baik dengan menjaga keseimbangan lingkungan.


Ketiga point tersebut menjadi indikator kesuksesan terbesar dalam hidup saya, serta proses yang berkelanjutan dan progresif menjadi bagian dari jalan untuk mencapai kesuksesan itu. Dari hal tersebut, hargailah proses yang dijalani dan berkomitmen menjalani tarap proses kehidupan lebih baik dari setiap waktunya. Sebagai contoh ketika kita sedang menjalani proses pembelajaran dalam masa kuliah selalu senang dan menikmati setiap waktunya dengan belajar lebih tekun dari waktu-kewaktu, kemudian setelah itu tidak lupa kita amalkan ilmu yang didapat tersebut kepada orang lain, karena saya berprinsip “Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah”, ilmu harus diamalkan dan amalan harus berdasarkan ilmu.

Demikian sukses terbesar dalam hidup saya, semoga kita semua menjadi bagian dari manusia yang benar-benar bisa menjaga hubungan baik kepada seluruh lapisan manusia, makhluk, serta seluruh alam.

You Might Also Like

0 komentar

yakubsaroni.blogspot.co.id

Copy Right 2020