KEBERANIAN ADALAH MODAL UTAMA DALAM KEHIDUPAN

8:58 PM



Hidup adalah sebuah perjuangan yang harus dijalani oleh setiap insan yang bernafas, bukan hanya manusia hewan dan tumbuhan pun demikian. Hewan harus berburu mangsa bagi pemakan daging (karnivora) untuk dapat melangsungkan kehidupannya dalam rangka mengisi perutnya, hewan pemakan tumbuhan (Herbivora) pun demikian harus mencari dimana letak sumber makanan yang memadai. Tumbuhan harus mengejar arah cahaya matahari untuk dapat berfotosintesis maka tumbuhan akan selalu menjulang ke atas demi terlaksananya siklus metabolisme dalam melangsungkan hidupnya serta harus mencari sumber unsur hara sebagai makanannya maka sering kita melihat akar selalu menancap ke bawah tanah dan mengarah kesemua arah tanpa aturan.

Begitu pula kita layaknya sebagai manusia yang merupakan makhluk paling sempurna yang dicipta oleh sang Maha Pencipta (Alloh SWT) melangsungkan hidup dengan cara yang telah ditetapkan sebagaimana layaknya hewan dan tumbuhan yang mempunyai caranya masing-masing. Dengan cara berinteraksi dengan sesama, manusia akan terus mencari jalan hidupnya demi kelangsungannya mencari sumber pencaharian untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Melamar pekerjaan harus berinteraksi, ingin meminjam uang pun harus berinteraksi terlebih dahulu, bahkan dalam lembaga pemerintahan pun untuk dapat menghasilkan sebuah keputusan maka harus berinteraksi dahulu bahkan tidak jarang harus terjadi perdebatan demi menghasilkan sebuah kebenaran yang kolektif dan objektif “society exists where several individuals enter into interaction and a plurality becomes unity1). Dari semua itu terkandung sebuah perjuangan dalam hidup yang harus dilakukan oleh seluruh insan hidup.

Saya jadi teringat lirik lagu DEWA 192) yang kalau tidak salah begini “Hidup adalah perjuangan tanpa henti-henti” memang betul, hidup itu perjuangan tanpa henti dan takan pernah berakhir, susah senang pahit manis itulah kehidupan bagaikan pelangi yang beragam warna menghiasi keindahannya.
Sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Darwin3)the struggle of life” semua organisme membutuhkan tempat, iklim, zat-zat yang sesuai untuk dapat melangsungkan kehidupannya, maka jika terjadi kelangkaan dan ketidaksesuaian maka akan terjadi perebutan, persaingan diantara sesamanya.

Sedangkan dalam nalar fikir logika kehidupan yang banyak dikaji dan bahkan dibuat menjadi sebuah teori kehidupan oleh filusuf-filusuf barat seperti contohnya Herbert Spencer (1920-1903)4) tentang prioritas individu atas masyarakat (individualisme), Spencer berpandangan bahwa manusia mencari nalurinya berdasarkan kuasa individunya, karena dari individu akan membentuk masyarakat dan lain sebagainya yang lebih besar lagi, bahkan olehnya kelompok masyarakat diklasifikasikan menjadi dua jenis kelompok masyarakat yaitu masyarakat militer dan industri, masyarakat militer kurang lebih menitikberatkan atas kekuasaan dan kekuatan sehingga manusia akan tunduk oleh sesuatu kekuatan dan kekuasaan pada masa itu, sehingga dalam proses pencaharian kehidupan tidak jarang akan terjadi kekerasan demi keberlangsungan sebuah kehidupan. Berbeda halnya dengan masyarakat industri yaitu masyarakat yang melangsungkan kehidupannya dengan lebih lembut dan dan damai serta penuh dengan strategi sehingga orang yang paling cerdaslah yang akan berada pada puncak kehidupan, masyarakat industri sangat memungkinkan masyarakat tidak terikat oleh sebuah kekuatan dan kekuasaan pada saat itu, akan tetapi mereka lebih mempunyai kebebasan dalam mencari kehidupan yang sering kita sebut sekarang yaitu alam demokratis.

Sehingga dengan beberapa pandangan tersebut dalam kehidupan pasti menimbulkan gejolak ritme kehidupan atau sering kita sebut roda kehidupan. Dahulu kaum yang selalu dan harus bekerja adalah kaum laki-laki, tetapi sekarang kaum wanita pun ikut bekerja dan munculah istilah emansipasi, bahkan mungkin di masa yang akan datang tidak menutup kemungkinan kaum yang diharuskan bekerja adalah kaum wanita sedangkan kaum laki-laki berada di rumah mengurusi rumah tangga, mengasuh anak, dan lain sebagainya. Begitulah dunia sangat mudah sekali berputar dan berbolak-balik.

Dari sebuah statemen tersebut saya teringat sebuah sinetron televisi yang berjudul “Dunia Terbalik” yang kurang lebih menggambarkan kaum laki-laki menggantikan tugas kaum wanita dan kaum wanita menggantikan tugas kaum laki-laki. Maka dari konteks tersebut menimbulkan sebuah pertanyaan yang mendasar:

“Apakah demikian adalah sebuah hal yang wajar atau sebuah hal yang seharusnya tidak terjadi?”

Entah, tapi itulah kehidupan dan semuanya selalu terkandung Ibrah (pembelajaran) dari setiap kejadiannya. Maka tugas kita sebagai manusia yaitu memperjuangkan bagaimana hidup itu tetap berlangsung dan tetap pada koridor yang telah ditetapkan, karena sejatinnya kita telah diberi modal yang sangat mendasar yaitu keberanian. Sebagaimana disampaikan oleh Buya Hamka5) dalam sebuah rekaman ceramah pendeknya “modal utama dalam hidup yaitu keberanian, maka jika keberanian itu tidak ada, hilang lah modal hidup kita”. Maka dengan adanya modal keberanian kita akan siap menghadapi the struggle of life, serta siap bersanding dengan masyarakat militer ataupun masyarakat industri sebagaimana Spencer katakan.


1).  George Simmel (1858-1918), ilmuan sekaligus mahaguru ilmu sosial di Strussbug.
2). Grup musik pop Indonesia yang populer diera tahun 2000 an yang digawangi oleh Ahmad Dani.
3). Filusuf pencetus teori evolusi, dalam teorinya bahwa evolusi dibagi menjadi empat tahapan yaitu the struggle of life, the survival of the fittest, natural selection, dan progress. Dikutip dari buku Realitas Sosial: Refleksi filsafat sosial atas hubungan individu masyarakat dalam cakrawala sejarah sosiologi karya K.J. Veeger.
4). Sosiolog asal inggris, ia meyakini bahwa individu adalah prioritas utama atas masyarakat. Dikutip dari buku Realitas Sosial: Refleksi filsafat sosial atas hubungan individu masyarakat dalam cakrawala sejarah sosiologi karya K.J. Veeger.
5). Ulama besar diera orde baru, ketua MUI pertama, Penulis, Sastrawan.

Oleh: yakub Saroni

You Might Also Like

0 komentar

yakubsaroni.blogspot.co.id

Copy Right 2020