Sains dan Teknologi untuk Kesejahteraan Umat??

12:41 PM



Perkembangan sains dan teknologi tidak dapat terbendung dari zaman ke zaman sesuai dengan masanya. Hal ini terjadi akibat dari banyaknya pemikiran-pemikiran manusia yang dikontekstualisasikan menjadi sebuah produk yang dapat dimanfaatkan oleh umat. Pada awalnya sains dan teknologi berkembang dari semakin menjamurnya berbagai cabang ilmu pengetahuan yang pada akhirnya ilmu-ilmu tersebut bersifat fakultatif. Tetapi dalam konteks ini seolah-olah cabang ilmu menjadi sekular atau bahkan menolak ilmu yang ada diluar cabangnya. Dari fenomena ini dapat kita paparkan beberapa cabang ilmu pengetahuan yang kini popular di kampus-kampus. 1) cabang ilmu berkategori sosial, 2) cabang ilmu berkategori eksakta. Dari beberapa cabang ilmu yang telah dikontekskan tersebut kini menjadi penunjang perkembangan sains dan teknologi, seperti halnya perkembangan berbagai teknologi baik itu informasi, transfortasi, dan infrastruktur. Pada abad terkini menjadi sebuah tuntutan setiap individu untuk dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan. Hal ini diakibatkan karena semakin banyaknya jenis kebutuhan hidup manusia yang mau tidak mau harus dipenuhi oleh setiap individu masing-masing.
Berikut beberapa contoh hasil produk ilmu pengetahuan.
a.       Eksakta
1.      Ilmu pengetahuan alam
2.      Pertanian
3.      Keteknikan
4.      Pertanahan/Agraria
5.      Dan lain-lain.
b.      Sosial
1.      Keagamaan
2.      Politik
3.      Ekonomi
4.      dan lain-lain.
Dari beberapa penjabaran diatas kita dapat melihat betapa banyaknya cabang ilmu yang kini dipelajari oleh manusia. Hal ini juga berkaitan dengan perkembangan teknologi. Tetapi, dari semua cabang ilmu tersebut belum ada sebuah formulasi untuk saling berinterkoneksi antara sesama disiplin ilmu. Apabila disiplin ilmu ini mampu saling berinterkoneksi maka tidak akan menutup kemungkinan akan menghasilkan sebuah produk ilmu pengetahuan yang saling berkesinambungan sehingga akan menyejahterakan umat dari segi lahiriyah maupun batiniyah.
Apabila kita berbicara tentang kesejahteraan umat maka kita akan tarik menjadi sebuah pertanyaan yaitu kesejahteraan yang seperti apakah yang dapat menyejahterakan umat?
Disini saya akan memaparkan dari perkembangan zaman terlebih dahulu dari masa ke masa. Dahulu sebelum adanya perlengkapan teknologi yang lengkap seperti sekarang ini sebagian orang sudah merasa sejahtera dengan apa yang dimilikinya entah itu dari segi teknologi yang berkembang pada waktu itu ataupun hal lain semisal mereka menikmati kekhusukan beragama sehingga mendapatkan kesejahteraan batiniyah. Tetapi sekarang apabila kita kontekskan kepada kehidupan masa kini, apakah teknologi zaman dahulu masih akan tetap memberikan kesejahteraan kehidupan? Menurut saya tentunya tidak akan dapat menyejahterakan. Dikarenakan perkembangan teknologi akan selalu diperbaharui dan disesuaikan dengan kondisi zamannya. Dari perkembangan teknologi tersebut ada beberapa fenomena yang dapat membuat orang-orang ketergantungan dan berdampak negatif.
a.       Teknologi mempermudah kita dalam segala hal sehingga akan membuat kita merasa malas dan ketergantungan akan benda-benda.
b.      Teknologi menghilangkan kearifan lokal yang sudah terbentuk pada suatu lokasi.
Tetapi dari kedua fenomena tersebut setidaknya menjadi jalan pilihan kita dalam memanfaatkan teknologi apakah kita akan merubah hidup kita dengan memanfaatkan teknologi atau malah sebaliknya?.
Semakin zaman berkembang maka tuntutan hidup pun akan meningkat dan menuntut kita untuk menggunakan teknologi yang sedang berkembang pada masanya. Sebagai contoh kongkrit dari efek kemajuan teknologi dibidang informasi yaitu handphone. Dahulu orang-orang dalam menggunakan handphone dibutuhkan untuk kirim pesan SMS atau telpon saja, akan tetapi sekarang muncul gadget ketika semua orang menggunakan gadget maka kini informasi pun bukan hanya dari pesan SMS atau telpon saja, melainkan muncul jaringan 3G yang lebih cepat dan baik, dari jaringan itu ada sosial media seperti BBM, Whatsapp, instagram, facebook, yang kini menjamur menjadi sebuah kebutuhan hidup.
Teknologi muncul dari hasil kreativitas
Beraneka macam teknologi diciptakan atau lahir dari proses berfikir manusia dengan menunjukan kreatifiasnya. Kreativitas merupakan sifat yang dimiliki oleh setiap individu. Sifat kreatif ini harus diwadahi dan dituangkan menjadi sebuah produk pemikiran tetapi dalam pemanfaatannya kreatifitas manusia harus bisa dimanfaatkan untuk kepentingan dan kemajuan kehidupan.
Bagaimana kreativitas dapat melahirkan sebuah produk yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat?. Produk kreativitas yang dihasilkan oleh setiap individu pada dasarnya berasal dari kesadaran berfikir manusia, berangkat dari kesadaran tersebut manusia meluapkan hasratnya dalam berfikir. Bisa dikatakan setiap individu manusia akan mencari kepuasan dalam berfikir atau menggunakan pemikirannya sehingga manusia mengarahkan alam pemikirannya menjadi sebuah produk kreativitas.
Teknologi sebagai pendukung kemajuan bangsa
Kemajuan bangsa tidak bisa lepas dari kemajuan teknologi. Hal ini seolah menjadi sebuah syarat wajib untuk kemajuan sebuah bangsa. Adanya teknologi dapat menjadi penunjang keberlangsungan hidup sebuah bangsa. Adanya teknologi dapat memudahkan hubungan antar bangsa yang begitu jauh seolah menjadi merasa lebih dekat. Sebuah bangsa akan saling bahu membahu untuk memajukan bangsanya dangan menggunakan teknologi atau bahkan sebaliknya sebuah bangsa akan saling menghancurkan dengan memanfaatkan teknologi.
Teknologi menjadi alat produksi
Pada abad ke-20 kemajuan teknologi dijadikan sebagai alat produksi dibeberapa negara. Hal ini diawali ketika adanya revolusi industri di prancis yang menggemparkan dunia. Ketika itu, semua bahan-bahan kebutuhan manusia dapat diproduksi secara indrustri dan menghasilkan produk yang lebih cepat dan lebih banyak serta mampu menunjang kehidupan manusia. Revolusi industri ini juga berangkat dari kesadaran berfikir manusia serta daya kreatif manusia. Dari revolusi industri banyak menghasilkan alat-alat produksi modern yang kini masih dimanfaatkan serta dikembangkan dan menyebar ke seluruh penjuru dunia.
Setelah revolusi industri berakhir, sebagai kelanjutannya munculah revolusi informasi. Manusia beranggapan bahwasanya mereka tidak puas dengan revolusi industri saja. Berangkat dari daya nalar intelektual dan kreativitas, kini dunia sedang mengarah kepada revolusi informasi atau bahkan lebih dari itu. Semua kebutuhan manusia yang semakin banyak serta jumlah populasinya yang semakin bertambah maka manusia harus memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu, revolusi informasi kini banyak digencar-gencarkan di seluruh dunia. Revolusi informasi ini mengarah kepada kepraktisan serta kecepatan manusia dalam menangkap informasi yang beredar. Dengan hal ini manusia dapat secara cepat pula dalam mengaktualisasikan informasi yang didapatnya. Contoh kongkritnya yang kini terjadi atau tercipta dari produk revolusi informasi yaitu menjamurnya jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain. Dari produk-produk informasi tersebut manusia semakin dimanjakan dari segala aktivitasnya bahkan sekarang setelah munculnya revolusi informasi kejahatan pun mulai merembah kemana-mana. Contohnya kejahatan cyber dengan cara meng-hack atau mencuri data-data sebuah instansi atau perusahaan secara mudah. hal ini disebabkan dari kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh revolusi informasi.
Bahkan dibidang pertanian kini mulai mengarah kepada pemanfaatan teknologi informasi sebagai penunjang keberlangsungan kegiatan produksi pertanian. Hal ini telah dilakukan di beberapa negara maju seperti di belahan dunia bagian Eropa. Seperti contohnya pemanfaatan GIS yaitu teknologi pemetaan suatu lahan pertanian. Teknologi ini mampu memetakan kondisi lahan pertanian dengan menggunakan GPS.
Terpengaruhnya masyarakat oleh teknologi
Masyarakat pada umumnya selalu berhasrat untuk mengikuti perkembangan zaman dan selalu menuntut supaya kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi sesuai dengan yang sedang berkembang pada zamannya. Dari hal tersebut muncul sebuah pertanyaan, kenapa teknologi mampu mempengaruhi gaya hidup masyarakat? Atau bahkan kenapa masyarakat selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menyesuaikan perkembangan teknologi?
Pada dasarnya kebutuhan manusia tidak akan pernah ada habisnya, hal ini dikarenakan manusia mempunyai nafsu yang menjadi qodratiyah manusia. Semua lapisan masyarakat baik itu masyarakat desa atau pun kota tidak ada yang terpisahkan dari perkembangan teknologi, seperti halnya masyarakat perkotaan masyarakat desa kini tidak mau kalah pamornya dari masyarakat kota akan kemajuan teknologi. Dalam konteks ini, teknologi yang dahulu ditujukan sebagai alat untuk memenuhi keinginan manusia kini perlahan berubah menjadi sebuah kebutuhan wajib manusia. Hal ini disinyalir dapat menguntungkan bagi para produsen peralatan berbasis teknologi yan kini hal tersebut menjadi peluang besar bagi para kapitalis sebagai strategi mempengaruhi manusia yang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan semata.

You Might Also Like

0 komentar

yakubsaroni.blogspot.co.id

Copy Right 2020