ALAT PENDETEKSI UNSUR HARA BERBASIS MOBILE PHONE

6:38 AM

ALAT PENDETEKSI UNSUR HARA BERBASIS MOBILE PHONE

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..

Sahabat para pengguna internet saya ingin berbagi ide sama kalian, mungkin ide saya ini bisa bermanfaat dan bisa dikembangkan, amiinn.

Saya adalah orang pertanian, ya saya kuliah di fakultas pertanian UMY tepatnya di prodi S1 Agroteknologi. Pada tulisan saya kali ini, saya ingin mengangkat pengembangan teknologi bidang pertanian berbasis mobile phone. Ide ini terbersit ketika saya membaca di sebuah situs yang berisi tentang alat pendeteksi unsur hara, lebih spesifiknya alat ini mampu mendeteksi kandungan N P K didalam tanah. Ya… alat ini disebut dengan NPK meter, mungkin,,, ini kalo ga salah loh,,,
Alat ini mampu mendeteksi kandungan NPK dalam tanah dengan menyentuhkannya ke dalam tanah,, entah seperti apa cara kerjanya saya belum pernah melihat secara langsung.

Tapi disini tiba tiba terbersit sebuah ide tentang pengembangan alat tersebut dengan berbasis mobile phone, mengingat sebuah smart phone android mempunyai fasilitas camera yang mampu menangkap berbagai warna/pigmen pada setiap objek yang direkamnya, maka saya melihatnya ini adalah sebuah potensi, mungkin bisa atau mungkin saja tidak, ini baru hipotesis saya, dan mudah mudahan benar. Hehe.

Sebagaimana yang telah saya pelajari di perkuliahan pada mata kuliah ilmu tanah di smester 2, bahwa suatu kesuburan dan status hara tanah dapat diindikashi dengan bentuk fisik tanah, dan salah satunya adalah warna tanah. Salah satu contohnya yaitu tanah yang memiliki kesuburan yang paling baik yaitu tanah yang berwarna gelap, tanah yang berwarna abu-abu mengandung silikat, dan tanah yang berwarna merah mengandung unsur-unsur basa seperti Fe, Zn, dan berbagai unsur-unsur basa lainnya. Ada pun cara mengcek spektrum warna tanah dapat di ukur dengan parameter sebuah buku khusus pengukur skala warna tanah yang disebut dengan Munsell Soil Color Chart. Buku skala warna tanah ini cukup mahal harganya dan mungkin hanya diperuntukan di laboratorium saja. Mungkin karena termasuk perlengkapan lab sehingga harganya cukup mahal,, dan mungkin bagi sahabat yang belum pernah ke lab tanah belum tau tentang buku ini. Nah,,, ide saya ini berkaitan dengan semua yang telah saya jabarkan di atas..

Saya ingin membuat sebuah sistem aplikasi berbasis mobile phone yang berfungsi untuk mendeteksi kesuburan tanah dengan memanfaatkan fasilitas camera handphone. Cara kerjanya yaitu handphone didekatkan dengan tanah dan biarkan camera merekam warna pada permukaan tanah, setelah warna tanah terekam, sistem akan masuk dan di baca oleh Munsell Soil Color Chart digital dan biarkan sistem bekerja dengan out put skala spektrum warna tanah dan keterangan kandungan mineral tanah.
Dengan sistem ini kita bisa lebih mudah dan praktis dalam menentukan kesuburan tahan, sehingga kita dapat dengan mudah menentukan jenis tanaman yang sesuai untuk ditanami dalam sebuah lahan. Dan kita bisa menentukan takaran bahan organik yang bisa ditambahkan kedalam tanah demi menambah kesiburan haranya.

Saya rasa sistem aplikasi ini belum ada yang mengembangkan dan ini adalah sebuah potensi bagi para sahabat peneliti muda atau tua dimanapun berada,,,
Semoga ide gila saya ini bisa bermanfaat dan bisa dikembangkan di kemudian hari… aminn…
Trimakasih sekian dulu ide yang bisa saya curahkan pada laman postingan ini.
Wassalamualaikum. Wrb.

Yakub saroni
Jogjakarta, 16 Juni 2014 : 13.54
Di kamar kos.

You Might Also Like

10 komentar

  1. Bagus tuh mas idenya, gimana dh dicoba blum...?

    ReplyDelete
  2. Wow, ini yang saya cari. Ada kontak yang bisa di hubungi nggak.
    Kenalkan, saya mahasiswa stekom semarang prodi sistem komputer

    ReplyDelete
  3. Saya Adi
    Petani pisang kecil kecilan.
    Mohon kalau aplikasinya sudah jadi
    Bisa dipublish di google play.

    Supaya:
    1. Semua petani bisa mendapatkan dan memanfaatkannya
    2. Pembuat aplikasi bisa memperoleh penghasilan dari iklan.

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sarannya, sekarang ide ini sedang dikembangkan dan masih dalam tahap riset, insya alloh kedepannya jika sudah jadi akan di publish di play store.

      Delete
  4. Hebat. saya jadi tau banyak seperti buku mahal tadi dan nama matkul yang digunakan. saya mau coba. saya mahasiswa Teknik Informatika UIKA bogor.

    ide yang luar biasa,, tadinya sya mau berfikir membuat injektor tanah dan mendeteksi kandungan mineral dan cuaca lalu data dikirim ke smartphone. tapi saya rasa ide anda lebih simple dan dapat diterapkan di berbagai kalangan dengan alat yang praktis dan sudah ada. trimakasih. anda adalah inspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sebelumnya telah berkunjung ke blog saya.

      alhamdulillah jika ide saya ini bisa bermanfaat buat anda.
      ide ini dapat dikembangkan lebih luas lagi dengan sistem dengan men contoh sistem yang sudah ada di playstore, coba buka aplikasi munsell di palystore dan aplikasi plantsnap, aplikasi ini sudah menggunakan sensor kamera untuk mendeteksi jenis2 tanaman hanya dengan memfoto bagian tanaman nya.

      mungkin bisa di kolaborasikan antara kedua aplikasi tersebut!

      Delete
  5. Ide yang bagus pak,,,tapi kayaknya agak susah soalnya hasil gradasi warna dari kamera hp bisa sedikit berubah sesuai keadaan cahaya saat scan gambar,,apalagi kalau hp dengan kualita "maaf" kurang bagus,,saya ada sedikit saran gimana kalo menggabungkan antara npk matter dan sistem android,,,kita dapet data dari npk matter trus diolah dengan sistem kecerdasan buatan diandro,,,contoh : tanah sample cocok ditanami apa saat itu dengan hasil npk dari alat atau pupuk apa yang yang dibutuhkan dan berapa jumlahnya kalo tanah sudah ditanami, jadi petani tidak asal memberikan pupuk...terimakasih pak mohon maaf kalau ada salah kata.

    ReplyDelete
  6. saya boleh minta kontaknya mas biar bisa shering, alnya saya rencana mau baut alat pendeteksi kadar unsur hara tanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mau berniatan ni gan. boleh dong sharing sharing

      Delete
  7. Ide ada saya rasa bisa saja diimplementasikan kedalam software applications, hanya saja tingkat kepekaannya(sensitivity) bisa jadi rendah.
    Ini menysngkut masalah standarisasi camera HP yang belum ada.
    Meski masih bisa Diakali dengan color reference, seperti pengaturan white ballance yang ada pada setiap setting camera.

    Selamat berjuang.

    ReplyDelete

yakubsaroni.blogspot.co.id

Copy Right 2020